Resep Masakan Nangka Muda



Resep Sayur Lodeh Nangka Muda Enak Resep Boga Wp

Resep Gulai Nangka Muda

Cuaca yang mendung dengan hujan yang sebentar-sebentar turun rasanya membuat malas bolak-balik masak di dapur. Apalagi melihat langit yang stabil gelapnya. Jadi terpikir untuk membuat masakan yang bisa dibuat sekaligus banyak, sehingga saat makan tinggal dipanaskan bolak-balik, hihi .. dasar lagi males..

Rupanya hari ini hari keberuntungan saya, abang sayur masih punya stok nangka muda yang sudah dipotong-potong cukup banyak. Biasanya tinggal sedikit sedikit saja. Maklum belanjanya sudah agak siang. Saya tidak memotong-motong lagi nangkanya, meskipun potongan abang sayur masih agak besar. Supaya nangkanya tidak cepat hancur ketika dihangatkan beberapa kali.

Kebetulan masih punya stok daging yang mengandung lemak, lumayan untuk membuat gurih masakan. Bila tak ada daging sapi, bisa juga menggunakan daging ayam. Ditambah dengan telur rebus juga enak.

Jadinya nanti sayur dan lauk sekaligus, hihi …. Niatnya nangka ini mau dimasak gulai nangka muda, tapi menggunakan resep gulai nangka biasa saja, bukan gulai nangka yang versi padang atau Minang.

Maklum sayur nangka juga banyak versinya, mulai dari gudeg ala Jogya, sayur gori rumahan ala jawa tengah (gori artinya nangka), gulai nangka biasa saja, sampai gulai nangka minang. Semuanya enak rasanya.

Bedanya gulai nangka biasa dengan gulai nangka Minang ada di bumbu dan campuran sayurannya. Gulai nangka Minang butuh lebih banyak bumbu dibandingkan dengan gulai nangka biasa. Biasanya juga menggunakan campuran kacang panjang dan kol.

Saya tidak yakin saat ini semua bumbu untuk gulai nangka Minang tersedia di dapur saya. Lagipula biarpun judulnya gulai nangka biasa, rasanya tak kalah sedap dibandingkan dengan gulai nangka Minang.

Salah satu keistimewaan gulai nangka adalah, makin sering dipanaskan rasanya malah makin sedap. Jadi setiap kali memasak gulai nangka saya selalu memberi banyak kuah supaya tidak cepat kering saat dipanaskan beberapa kali. Selain itu memang saya lebih suka gulai nangka yang berkuah banyak.

Dalam foto di atas mungkin tidak kelihatan banyaknya kuah yang saya gunakan, karena kalau kebanyakan kuah nanti nangka mudanya jadi tidak terlihat saat difoto.

Gulai nangka seperti ini enak disajikan dengan sambal yang cukup nendang pedasnya, juga ikan asin yang digoreng biasa, digoreng tepung atau dibuat rempeyek. Rasa asinnya akan mengimbangi rasa gulai nangka yang cenderung manis gurih dan agak pedas.

Bagi yang ingin mencoba, berikut ini resepnya:

Gulai Nangka Muda

Bahan:

  • 1bungkus nangka muda yang sudah dipotong-potong (beli di tukang sayur)
  • 350 g daging sapi yang mengandung lemak
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • 1 sdt gula merah
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 11/2 bungkus santan instan ukuran kecil

Bumbu, haluskan:

  • 4 buah cabai keriting merah
  • 2 buah cabai rawit merah
  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas

Cara membuatnya:

  1. Rebus nangka muda sebentar lalu buang airnya dan rebus kembali bersama dengan daging sapi hingga nangka dan daging sapinya sama-sama empuk. Ambil daging sapinya lalu potong-potong sesuai dengan selera, kemudian masukkan kembali ke dalam panci.
  2. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng secukupnya hingga harum, lalu tambahkan daun salam dan serai lalu tumis kembali sebentar. Selanjutnya matikan api,  angkat dan masukkan bumbu ke dalam rebusan nangka muda. Aduk gulai nangka hingga rata lalu masak kembali.
  3. Tambahkan santan, beri garam, gula merah, dan gula pasir secukupnya, cicipi dan koreksi rasanya hingga pas. Gulai nangka umumnya rasanya gurih, cenderung manis dan agak pedas.
  4. Setelah mendidih kembali kuahnya, dan bumbunya juga sudah cukup meresap, segera angkat dan sajikan.

Begitulah caranya membuat resep gulai nangka muda, semoga bermanfaat … IN

Pencarian dari google:

Related

Gallery Resep Masakan Nangka Muda

Resep Sayur Nangka Muda

Gulai Nangka Muda Hobimasak Info

Resep Masakan Jawa Berbahan Kelapa Seleranya Anak Muda Qupas

Resep Sayur Nangka Muda Kesukaan Keluarga

Tumis Nangka Muda

Resep Jangan Gori Atau Sayur Nangka Muda Khas Jateng

Resep Sayur Lodeh Nangka Muda Menu Lezat Untuk Berbuka

Resep Gudeg Nangka Nikmat Ala Jogja Merdeka Com

Resep Sayur Nangka Muda Rasa Kari Resep Masakan 4

Nangka Muda Kuah Kecap

Berbagi Cara Menurut Munand Cara Memasak Nangka Muda

Resep Gudeg Nangka Resep Masakan Indonesia

Resep Sayur Nangka Resep Masakan Komplit

Resep Tumis Nangka Muda Resepkoki Co

Resep Resepi Dan Bumbu Sayur Nangka Muda Kuah Santan Yang Sederhana Dan Cara Membuat

Resep Membuat Sayur Nangka Asli Jawa Tengah Yang Bikin

Resep Masakan Minang Yang Sangat Lezat Dan Mudah Dibuat

Resep Gulai Kikil Kaki Sapi Nangka Muda

Resep Sayur Lodeh Nangka Muda Jawa Tewel Oleh Ilmy Cookpad

Resep Masakan Sayur Asem Jakarta


Komentar