Resep Brownies Coklat



Resep Brownies Kukus Coklat Lembut Dan Enak C O O K L I K E

7 Resep Brownies Kukus Coklat Keju Pandan Pilihan Anti Gagal - Resep Masakan Indonesia Enak

Aneka Resep Brownies Kukus Coklat, Pandan atau keju Spesial Empuk Anti Gagal dan Bantat Dilengkapi Tips Cara Membuat Adonan Supaya Tidak Bantat Dengan atau Tanpa Menggunakan Mixer. Menggunakan Resep Pilihan Yang Sudah Teruji dan lembut rasanya dari resep kue brownies kukus ny liem ataupun pak sahak yang sudah terkenal.

Brownies kukus atau brokus merupakan sejenis kue dengan tekstur empuk dan rasanya yang enak bikin ketagihan. Walaupun sebenarnya dari namanya identik dengan coklat, tetapi kita juga bisa membuat resep brownies keju, pandan ataupun lainnya dengan mudah. Buat teman teman yang belum pernah mencobanya, yuk kita lihat dan coba beberapa resep kue brownies kukus pilihan yang sudah teruji, anti bantat dan anti gagal.

Cara membuat kue brownies ini kalau sudah tahu sebenarnya tidak terlalu sulit kok. Memang ada semacam ketakutan dan khawatir buat banyak ibu ibu atau remaja putri bagaimana nanti kalau hasilnya tidak bagus. Yang paling sering sih sebenarnya takut resep brownies kukus yang dibuat nanti tidak empuk dan lembut. Selain itu masalah yang paling sering terjadi adalah bantat atau tidak mengembang sempurna. Walaupun sudah menggunakan bahan dengan jumlah yang sesuai dengan resep tetapi hasilnya masih saja tidak sesuai dengan harapan akan brownies yang empuk dan lezat. Untuk itu silahkan lihat beberapa tips mudah cara membuat brownies kukus supaya mengembang dan empuk.

Memang walaupun citarasa nya lembut, lezat dan bikin ketagihan tetapi masih banyak diantara kita yang takut untuk membuatnya sendiri di rumah. Maka dari itu banyak penjual kue brownies amanda, coklat, pandan, keju dan lainnya yang sukses dengan dagangan mereka. Anggapan itu memang tidak semuanya salah. Padahal sebenarnya kita juga bisa membuat brownies kukus dari bahan yang sederhana, murah dan gampang lho. Cara membuat adonan ataupun mengukus resep kue brownies ini memang dibutuhkan beberapa tips yang harus diperhatikan. Cek tips dan rahasia brownies yang enak dan lezat dibawah ya.

Tips Cara Membuat Adonan Kue Brownies

  1. Saat mencampur telur dan bahan lainnya jangan terlalu lama di mixer ya supaya tidak bantat. Untuk itu solusinya gunakan kecepatan tinggi supaya cepat mengembang, kental sempurna dan berjejak.
  2. Untuk mencegah air masuk ke adonan, alasi tutup kukusan dengan kain bersih ya.
  3. Sebelum memasukkan loyang, pastikan air di dalam kukusan sudah benar benar mendidih setelah itu kecilkan apinya.
  4. Saat mengukus adonan brownies nya, api jangan terlalu besar supaya nanti matang dan empuknya merata.
  5. Gunakan loyang yang tidak terlalu tinggi supaya matangnya nanti merata. Kalau tidak punya, bisa membagi adonannya menjadi 2 atau setengah dikukus dulu baru dimasukkan sisanya.
  6. Untuk memastikan sudah matang atau belum bisa diginakan lidi dan tusukkan kedalam kuenya dan dicek.
  7. Setelah matang biarkan brownies kukus nya tetapi di dalam loyang sebenatr supaya agak dingin dan tidak patah saat coba dikeluarkan dari loyang.

Setelah tahu dan paham beberapa tips cara membuat brownies kukus diatas sekarang saatnya untuk turun ke dapur bukan. Seperti juga kue lainnya, kualitas bahan seperti coklat, baking powder dan lainnya berpengaruh terhadap enak dan lezatnya kue yang kita bikin. Untuk itu kalau memang ingin mendapatkan citarasa kue yang empuk dan lezat seperti brownies amanda hal tersebut harus diperhatikan. Dibawah sudah kami sajikan aneka resep kue brownies kukus pilihan yang mudah, praktis dan terbuat dari bahan sederhana.

1 Resep Brownies Kukus Tanpa Mixer

Banyak dan pasti ada diantara kita yang lebih suka membeli kue ini daripada membuatnya. Ada beragai macam alasannya dan salah satunya mungkin tidak punya mixer dan ribet. Sekarang alasan seperti itu mungkin bisa kita hilangkan dengan mencoba resep kue praktis ini. Resep brownies kukus ini bisa dengan mudah kita buat tanpa menggunakan mixer. Jadi bagaimana, sudah saat nya mencoba membuat kue buat cemilan di rumah sendiri tanpa harus membelinya. Lebih murah dan tentu mengehamat uang belanja kita.

brownies kukus tanpa mixer spesial

Bahan-bahan :

  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 6 sendok makan.
  • Bubuk coklat kualitas bagus dan baik kurang lebih sebanyak 6 sendok makan peres.
  • Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 6 sendok makan.
  • Telur ayam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 butir.
  • Coklat batangan atau DCC kurang lebih sebanyak 50 gram. Tim atau cairkan dahulu sebelum dicampur.
  • Susu kental manis rasa coklat kurang lebih sebanyak 6 sendok makan.
  • Air matang kurang lebih sebanyak 6 sendok makan.
  • Vaili bubuk sedikit saja atau kurang lebih seujung sendok kecil.
  • Soda kue yang masih aktif sedikit saja atau kurang lebih sebanyak seujung sendok kecil juga.
  • Minyak sayur atau goreng yang baru 6 sendok makan juga.

Cara membuatnya :

  1. Pertama siapkan panci buat kukusan dengan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih airnya.
  2. Masukkan lalu campur dan aduk susu kental manis dan air matangnya sampai tercampur rata lalu sisihkan.
  3. Ambil wadah dan campurkan tepung terigu bersama dengan vanili halus, coklat bubuk dan soda kuenya sampai rata lalu sisihkan.
  4. Ambil wadah dan masukkan gula pasir dan telur lalu kocok menggunakan whisk sampai tercampur rata.
  5. Masukkan campuran susu kental manis tadi bersama dengan coklat blok yang sudah dicairkan dan minyaknya lalu aduk aduk kembali sampai benar benar tercampur rata.
  6. Siapkan loyang dan olesi bawahnya dengan sedikit minyak lalu lapisi atasnya dengan kertas roti.
  7. Tuang adonan brownies kukus tadi kedalamnya.
  8. Kecilkan api kompor lalu masukkan loyang berisi adonan tadi dan kukus sampai matang atau kurang lebih selama 30 sampai 35 menit.
  9. Jangan sampai lupa tutup diberi alas kain bersih ya.
  10. Setelah matang angkat dan biarkan sebentar sampai agak dingin baru dikeluarkan dari loyang.

2 Resep Brownies Kukus Coklat Lembut

resep Brownies Kukus Coklat

Salah satu yang membuat anak anak, dewasa bahkan orang tua menyukai kue satu ini memang karena kelembutan teksturnya. Baik itu brownies coklat, pandan ataupun keju tekstur lembut dan lezat rasanya inilah yang membuat ketagihan. Rasanya satu atau dua potong tidak akan cukup untuk menikmati kelezatan resep kue yang dikukus ini. Nah untuk membuatnya sendiri bisa dilihat di bahan dan cara membuatnya di resep brownies kukus coklat.

3 Resep Brownies Kukus Ny Liem

Resep brownies kukus satu ini memang sangat melegenda sekali di seantero nusantara. Tekstur khas yang lembut, empuk dan enak rasanya membuat kue kukus Liem ini banyak yang mengidolakannya. Ny Liem memang terkenal akan kepiawaiannya membuat aneka resep kue yang enak dan lezat. Salah satunya tentu saja resep brownies kukus yang ini. Buat yang ingin mencobanya, bahan dan cara membuat brownies kukues ala Ny Liem bisa di cek dibawah ya.

brownies kukus ny liem spesial

Bahan Pertama :

  • Tepung terigu yang berkandungan protein sedang yang sudah diayak kurang lebih 125 gram saja.
  • Baking powder kualitas bagus dan aktif kurang lebih 0.5 sendok kecil.
  • Cake emusifer kualitas bagus atau sp kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  • Coklat serbuk atau bubuku kualitas bagus kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  • Telur ayam ukuran sedang besar yang sudah dibiarkan di suhu ruangan kurang lebih sebanyak 6 pcs.
  • Garam dapur beryodium sesuai selera atau kurang lebih 0.25 sendok kecil.
  • Gula pasir sesuaikan dengan selera atau kurang lebih 150 gram sampai 230 gram.
  • Vanila bubuk kurang lebih 0.5 sendok kecil saja.
  • Air secukupnya untuk mengisi panci kukusan.

Bahan Kedua :

  • SKM atau susu kental manis rasa coklat kurang lebih sebenyak 75 ml.
  • Minyak goreng untuk campuran lapisan coklatnya kurang lebih sebanyak 175 ml.
  • Coklat blok batangan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 125 gram saja.

Cara Membuat :

  1. Pertama siapkan panci dengan kukusannya dan isi air lalu nyalakan api sampai mendidih. Kalau menggunakan saringan atau klakat langsung tutup saja tetapi kalau tidak jangan lupa tutup diberi alas atau ditutupi kain bersih ya supaya tidak menetes.
  2. Ambil wadah dan campurkan tepung terigu bersama dengan baking powder dan coklat bubuknya lalu aduk sampai rata dan saring atau ayak sampai halus lalu sisihkan.
  3. Langkah ketiga cairkan coklat blok nya dengn cara dipanaskan sampai mencair lalu beri minyak gorengnya dan campur sampai rata lalu sisihkan.
  4. Ambil wadah kemudian masukkan gula pasir bersama dengan emulsifer, garam dapur, vanila halus dan telur ayamnya kemudian mixer sampai mengembang dan kelihatan kental berjejak.
  5. Turunkan kecepatan mixer dan masukkan campuran tepung di langkah kedua sedikit demi sedikit sambil tetap di mixer sampai rata dan tercampur rata dan matikan.
  6. Tuang campuran coklat dengan minyaknya di langkah ketiga kedalam wadah adonan tadi kemudian aduk aduk sampaitercampur rata menggunakan spatula saja.
  7. Ambil sedikit adonan tadi atau kurang lebih 100 gram untuk adona tengah atau lapisan tengah lalu masukkan susu kental manis coklat dan aduk sampai rata dan sisihkan.
  8. Siapkan loyang yang alasnya sudah diberi sedikit minyak dan diatasnya diberi kertas roti supaya tidak lengket. Bisa menggunakan loyang roti bulat atau yang persegi ukuran 20 x 20 dengan tinggi 7 cm.
  9. Kecilkan api panci kukusan ke sedang cenderung kecil.
  10. Masukkan setengah adonan utama kedalam loyang lalu letakkan di panci kukusan dan kukus selama kurang lebih 10 menit saja.
  11. Tuang adonan tengah atau adonan coklat brownies kukus ny liem kedalam loyang lalu kukus kembali sampai kurang lebih 5 menit saja.
  12. Masukkan sisa adonan utama kedalam loyang dan kukus atau masak kembali sampai matang atau kurang lebih selama 1/2 jam.
  13. Setelah matang keluarkan dari loyang dan siap disajikan atau diberi topping sesuai selera masing masing.

4 Resep Brownies Kukus Amanda

Kalau bicara mengenai brownies, merek yang satu ini pasti langsung terbayang di piran kita. Ya, amanda memang merupakan salah satu penyedia brownies kukus yang sanat populer sekali. Pertama kali ada di Bandung, saat ini bahkan sudah banyak membuak cabang toko di kota kota di negara kita. Untuk membuat kue brownies yang lembut dan nyoklat seperti ini sebenarnya bisa kita buat di rumah lho. Bahan dan cara membuat brownies ini bisa dilihat di resep brownies kukus amanda.

5 Resep Brownies Kukus Chocolatos

brownies kukus Chocolatos sederhana

Chocolatos pada awalnya mungkin memang cemilana jajanan sederhana yang dibuat untuk anak anak. Tetapi seiring berkembangnya dan populernya akhirnya ada beberapa resep kue atau minuman yang terbuat dari bahan ini. Salah satunya adalah resep brownies kukus chocolatos yang akan kita buat kali ini. Terbuat dari serbuk minuman rasa coklat, kue kukus ini ternyata sangat enak, lembut dan bikin ketagihan lho.

Bahan-bahan :

  • Bahan utama adalah tepung terigu protein sedang yang halus dan sudah diayak kurang lebih sebanyak 7 sendok makan saja.
  • Gula pasir sesuai selera manis masing masing atau kurang lebih sebanyak 6 sendok makan.
  • SKM coklat atau susu kental manis rasa coklat kurang lebih sebanyak 2 sachet.
  • Chocolatos serbuk minuman kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Baking soda kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Air hangat secukupnya atau kurang lebih sebanyak 6 sendok makan.
  • Minyak sayur atau goreng yang baru kurang lebih sebanyak 6 sendok makan juga.

Cara membuat brownies kukus chocolatos :

  • Pertama siapkan panci untuk kukusan lalu masak dan tutup sampai mendidih.
  • Lalu ambil wadah dan masukkan tepung terigu yang sudah dipersiapkan dan campur bersama dengan baking soda dan chocholatosnya lalu aduk sampai rata dan sisihkan.
  • Ambil wadah untuk adonan lalu masukkan gula pasir dan telur ayamnya lalu kocok menggunakan kocokan manual sampai tercampur rata dan mengembang dan berbuih.
  • Tuang minyak dan air hangat yang sudah dipersiapkan lalu aduk aduk saja menggunakan spatula sampai rata.
  • Masukkan skm coklatnya lalu aduk kembali sampai benar benar rata.
  • Siapkan loyang yang sudah diberi sedikit olesan minyak dan dialasi kertas roti.
  • Tuang adonan resep brownies kukus tadi kedalam loyang.
  • Masukkan ke dalam panci yang sudah mendidih air nya lalu alasi tutupnya dengan kain bersih.
  • Masak dan kukus sampai matang merata atau kurang lebih selama 1/2 jam.
  • Angkat dan balikkan diatas kertas roti lalu siap untuk dipotong atau diberi lapisan topping sesuai selera.

6 Resep Brownies Kukus Pandan

resep brownies kukus pandan sederhana

Selain coklat, kita juga bisa membuat resep kue brownies yang empuk, lembut dan lezat menggunakan pandan. Tentu saja aroma pandan akan membuat kue kukus warna hijau ini begitu harum dan wangi aromanya. Untuk bahan dan caranya sudah pernah kita berikan sebelumnya. Teman teman bisa melihatnya di link resep brownies kukus pandan ini.

7 Resep Brownies Kukus Keju

Siapa yang tidak suka dengan gurih, lezat dan aroma khas keju ini. Oleh karena itu banyak sekali variasi aneka kue basah yang dikreasikan dengan keju ataupun parutan keju di atasnya. salah satunya tentu saja resep kue brownies kukus ini. Kalau dilihat sekilah mungkin sulit untuk membedakan kue ini dengan Resep Cheese Cake yang sudah pernah kita berikan sebelumnya. Tetapi kalau dirasakan memang ada beda tekstur dan rasa antara keduanya. Daripada bingung bagaimana beda citarasanya, yuk kita coba saja di rumah.

brownies kukus keju sederhana

Bahan Pertama:

  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • TBM kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Gula pasir kurang lebih sebanyak 100 gram atau sesuai selera.

Bahan Kedua:

  • Tepung maizena kurang lebih sebanyak 20 gram saja.
  • Susu bubuk kurang lebih sebanyak 40 gram saja.
  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 60 gram.
  • Garam dapur beryodium sesuai kebutuhan atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.

Bahan Ketiga:

  • Butter kurang lebih sebanyak 50 gram.
  • Cream cheese atau krim keju siap pakai kurang lebih sebanyak 1/4 kg.

Bahan Tambahan Kalau Suka

  • Keju parut supaya lebih terasa kejunya kurang lebih 30 sampai 50 gram.
  • Meisis atau pasta coklat buat lapisan atasnya

Note : Kalau tidak ada creem cheese jadi bisa dibuat dari keju cheddar yang sudah diparut sebanyak 150 gram dan 100 ml susu UHT atau susu cair. Cara membuatnya rebus susu cair lalu tuang parutan keju nya kemudian aduk aduk sampai rata dan larut. Kalau di adonan mau diberi tambahan parutan keju, parutan keju tersebut lapisi dengan sedikit tepung terigu ya supaya nanti saat matang tidak turun ke dasarnya saja.

Cara Membuat:

  1. Pertama campurkan bahan kedua, yaitu tepung terigu, maizena, garam dan susu bubuknya lalu aduk dan saring dan sisihkan.
  2. Siapkan panci dengan air secukupnya lalu panaskan sampai mendidih.
  3. Langkah ketiga ambil wadah kemudian masukkan telur ayam, TBM dan gula pasir nya kemudian mixer dengan kecepatan tertinggi sampai mengembang, kental dan berjejak ya. Tetapi jangan terlalu lama ya supaya nanti adonannya tidak bantat, sekitar kurang lebih 10 menit saja.
  4. Tuang campuran bahan kering di langkah pertama kedalam wadah diatas sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk sampai tercampur rata. Bisa menggunakan spatul atau mixer dengan kecepatan paling kecil, tetapi jangan lama lama ya cukup sampai tercampur rata saja.
  5. Campur dan aduk cream cheese dan butter di bahan ketiga menggunakan spatula sampai benar benar tercampur rata.
  6. Tuang campuran cream cheese diatas kedalam wadah adonan utama kemudian aduk kembali sampai benar tercampur rata.
  7. Siapkan loyang ukuran 21 x 11 cm kemudian olesi dengan sedikit minyak dan alasi dengan kertas roti.
  8. Tuang adonan resep brownies kukus keju kedalamnya.
  9. Kecilkan api panci kukusan kemudian masukkan loyang diatas kedalamnya. Jangan lupa alasi tutupnya dengan kain bersih supaya air tidak menetes kedalam loyang.
  10. Kukus loyang tadi sampai matang merata atau kurang lebih selama 20 menit sampai setengah jam.
  11. Tes dengan tusuk lidi untuk mengecek kematangannya lalu angkat dan siap untuk dihiasi dengan taburan keju diatasnya.

Untuk membuat kue brownies kukus yang lembut, enak dan lezat terbuat dari bahan sederhana dan murah ternyata tidak sulit bukan. Dari aneka resep brownies kukus diatas mana yang akan dicoba oleh teman teman terlebih dahulu. Atau resep cara membuat bolu kukus mana yang menurut teman teman paling mudah praktis tetapi hasilnya membuat ketagihan. Kalau ingin mencari resep kue sederhana pilihan yang enak dan mudah lainnya, silahkan mencoba Cara Membuat Bolu Gulung Panggang, Resep Bolu Pisang, bolu kukus mekar atau aneka Resep Puding pilihan yang segar dan enak.

Gallery Resep Brownies Coklat

Resep Brownies Kelapa Kukus Praktis Resep Hari Ini

Cara Membuat Roti Brownies Coklat Nikmat Yang Mudah Toko

Cara Membuat Roti Brownies Coklat Nikmat Yang Mudah Toko

Resep Brownies Coklat Kukus No Mixer No Oven

25 Resep Brownies Yang Enak Dan Lembut

Resep Brownies Kukus Ubi Cokelat Sederhana Ini Jadi Pilihan

15 Resep Brownies Kukus Sederhana Super Enak Lembut Empuk

Kreasi Kue Cake Resep Brownies Coklat Panggang

Brownies Coklat Panggang Pakai Cetakan Baking Pan

Resep Brownies Coklat Tanpa Dcc

3 Resep Brownies Kukus Coklat Yang Menggoyang Lidah Dijamin

Resep Brownies Kukus Coklat Ekonomis

Resep Brownies Coklat Bubuk No Dcc No Bp Mixer

Resep Brownies Panggang Coklat

Cara Membuat Resep Brownies Kukus Coklat Tepung Ketan

4 Resep Brownies Kukus Sederhana Rasa Coklat Dan Keju Mas Fikr

Resep Brownies Kukus Coklat Sederhana Praktis Enak

Resep Brownies Kukus Simple Dan Lezat Neng Infoo

Resep Brownies Kukus Coklat For Android Apk Download

3 Resep Cara Membuat Brownies Sederhana Yang Lezat Dan

Cara Membuat Kue Brownies Panggang Sederhana Enak Dan

Resep Brownies Kukus Coklat For Android Apk Download

Resep Brownies Coklat Kukus Ekonomis Chocolatos

Membuat Brownies Panggang Coklat Enak


Komentar